kontraktor-pameran-sewa-booth-pameran

Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan Dalam Kondisi Kritis

AbadiEvent – Dalam mengelola bisnis, kondisi naik turun omset merupakan hal wajar. Kondisi yang tidak bisa ditebak seperti hadirnya pandemi corona adalah salah satu penyebabnya. Para pemilik bisnis mulai bingung dan berusaha menerapkan rencana agar bisnis tetap bertahan dalam kondisi kritis.

Kondisi Kritis bisnis

Hadirnya covid-19 ini memberikan banyak pengaruh dalam banyak sektor, salah satunya sektor ekonomi. Dari bisnis yang semula ramai menjadi sepi, menutup kios. Bahkan sampai ada yang melakukan PHK besar-besaran untuk mengurangi kerugian perusahaan.

Namun dari sekian banyak bisnis yang gulung tikar tersebut. Banyak juga yang tetap bertahan dengan merubah strateginya. Hal tersebut cukup bijak karena strategi bisnis harus menyesuaikan pasar, kondisi dan lingkungan agar tetap bertahan.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis tetap bertahan dalam kondisi kritis:

Melakukan Negosiasi Untuk Sewa Tempat

Jika bisnis yang kamu bangun masih sewa tempat, sebaiknya kamu melakukan negosiasi dengan pemilik lahan atau pemilik gedung. Dengan bencana corona yang menimpa dunia ini, pemilik lahan atau pemilik bangunan mungkin bisa memberi kebijakan.

strategi bisnis

Keringanan yang diberikan memang bervariasi. Ada yang mendapatkan potongan harga sewa dan ada juga yang benar-benar tidak usah membayar selama pandemi covid-19 ini berlangsung. Maka saran untuk kamu, tidak ada salahnya melakukan negosiasi.

Baca: Melakukan Negosiasi Untuk Sewa Tempat

Rencana Saat Omset Turun

Saat omset mulai menunjukan penurunan yang tajam. Cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis tetap bertahan dalam kondisi kritis yakni dengan menghitung. Mulai hitung banyak hal untuk kemungkinan paling buruk sekalipun.

bisnisman usahawan

Misalnya jika penjualan menurun sampai 50% atau lebih. Kamu dan tim harus melakukan rapat untuk menentukan rencana kedepannya. Pikirkan juga bagaimana jika sama sekali tidak ada transaksi, tidak ada penjualan, rencana apa yang akan dilakukan.

Baca: Rencana Saat Omset Turun

Potong Semua Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Upaya selanjutnya yakni potong semua pengeluaran yang tidak penting. Kamu harus tega dan berani untuk mengencangkan ikat pinggang lagi. Usahakan agar tidak ada pengeluaran apapun jika itu tidak mendesak. Uang tersebut sangat penting agar bisnis tetap stabil.

kontraktor pameran

Hitung secara detail pengeluaran-pengeluaran bulanan. Uang yang tersisa bisa kamu simpan sebagai pegangan untuk berjaga-jaga minimal sampai pandemi covid-19 ini selesai. Mengeluarkan uang secara sembarangan akan menyusahkan di kemudian hari.

Baca: Potong Semua Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Kurangi Biaya Branding

Ditengah pandemi corona yang belum tahu sampai kapan akan berlangsung dan mengakibatkan sektor ekonomi lumpuh. Kurangilah biaya iklan atau pemasaran dan berfokus pada pengembalian investasi atau return of investment.

Jangan terlalu fokus untuk iklan atau branding. Yang terpenting saat krisis seperti ini adalah penjualan yang meningkat. Untuk iklan dan branding gunakan yang tidak berbayar seperti meminta bantuan karyawan, teman keluarga dan seterusnya untuk membantu mengiklankan.

Baca: Strategi Pemasaran di Tengah Krisis, Kurangi Biaya Branding

Penjualan Online & Delivery Order

Dalam kondisi pandemi corona seperti ini. Hampir semua orang fokus untuk melakukan segala aktivitas di dalam rumah saja. Seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah sehingga meminimalisir aktivitas di luar rumah.

bisnis online

Kesempatan yang bisa kamu coba dalam kondisi seperti ini yakni dengan melakukan penjualan online & delivery order. Jika pelanggan tidak bisa datang, maka produk mu yang harus datang ke pelanggan. Mungkin di awal terasa berat, namun kedepannya akan lebih terbiasa.

Baca: Optimalkan Penjualan Online Agar Bisnis Tetap Bertahan

Tambah Produk yang Sedang Digemari & Ikuti Keinginan Pasar

Saat ini hampir semua orang fokus dan tertarik dengan berbagai produk kesehatan seperti masker, vitamin, hand sanitizer dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika bisnis yang kamu jalankan tidak memiliki korelasi dengan berbagai produk kesehatan tersebut?

minuman herbal

Kamu tetap bisa menggunakan strategi sesuai dengan arus yang ada. Jika kamu bisnis kopi, mulai sekarang tambah menu dengan minuman sehat seperti jus dan jamu. Kamu juga bisa menambahkan aneka cemilan sehat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Jika bisnis yang kamu geluti dibidang kuliner seperti cafe. Mulailah dengan menjual makanan sehat. Untuk bisnis konveksi bisa mulai membuat baju APD atau masker. Apapun kondisi yang sedang terjadi, selalu ikuti arus sebagai cara agar bisnis tetap bertahan dalam kondisi kritis.

Baca: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

Jangan Menjual Nama Corona Secara Berlebihan

Meskipun nama corona atau covid-19 sedang hits. Hindari menggunakan nama tersebut untuk promosi. Menggunakan nama-nama yang bersangkutan dengan berlebihan juga tidak disarankan karena hanya akan membuat konsumen jengkel.

Mungkin kamu berpikir menjual produk dengan kisah sedih untuk mendapat empati. Cobalah berfokus pada kampanye kebersihan, untuk gaya hidup sehat dan produk yang steril. Jadi dimata konsumen, produk mu aman, tidak membuat khawatir. Selalu berikan sisi positif lebih banyak.

Tetap Tenang dan Fokus

Ditengah pandemi Covid-19 ini hampir banyak yang stres, bahkan presiden dan seleb juga mengalami stres. Jadi tenanglah dan tetap fokus karena kamu tidak sendirian. Dengan tetap tenang dan fokus, kamu akan lebih mampu untuk berfikir dengan jernih.

Laporan keuangan terlihat kurang menarik dengan ancaman teror virus corona dimana-mana. Yang terpenting yakni bertahan untuk 3 sampai 4 bulan kedepan, bisa kurang bahkan lebih. Jika coronavirus ini segera berakhir, ekonomi akan mulai bisa dibangun lagi.

Baca: Cara Kendalikan Kecemasan Saat Pandemi Covid-19

Jaga Kesehatan Mental Setiap Karyawanmu

Selain menjaga kesehatan serta mental pribadi,kamu juga harus menjaga mental dan kesehatan karyawan. Jelaskan krisi yang sedang terjadi dan pengaruhnya kepada perusahaan. Berikan mereka harapan seperti perusahaan akan kembali seperti sediakala.

Dengan kondisi krisis seperti saat ini, sudah pasti setiap karyawan juga merasa khawatir. Sebagai pebisnis, jaga mental setiap karyawan dan minta dukungan juga pengertiannya. Dengan begitu jika kamu menerapkan kerja dari rumah pun akan bisa dilakukan dengan efektif.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan bisnis saat kondisi krisis. Kondisi seperti ini memang jarang terjadi, namun sebagai pebisnis harus siap dengan segala kondisi yang tidak menentu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *