Social Distancing Sebagai Perlawanan Menghadapi Virus Corona

AbadiEvent Virus corona merupakan masalah serius yang mendapat perhatian dunia. Karena virus ini, banyak sektor ekonomi dan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial mulai berkurang dengan menerapkan social distancing untuk mengurangi penyebaran Corona.

Social Distancing

Social distancing adalah pembatasan sosial untuk mengurangi penyebaran corona virus. Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh pemerintah demi menjaga keselamatan setiap rakyat meski banyak yang merasa kurang nyaman dalam situasi seperti ini.

Coronavirus new update atau versi baru dapat memberikan penyakit Covid-19 yang berbahaya. Sudah banyak korban yang terdiri dari berbagai kalangan seperti tenaga medis, orang penting dan lain sebagainya yang menjadi korban virus ini. Siapapun bisa diserang virus ini.

Indonesia sebagai negara kepulauan karena terdiri dari banyak pulau. Saat ini jumlah korban terjangkit virus corona semakin banyak. Anjuran pemerintah untuk membatasi aktivitas sosial banyak diabaikan dengan berbagai alasan seperti masalah ekonomi yang harus dipenuhi.

Sebenarnya sudah banyak warga yang menerapkan pembatasan sosial dengan melakukan aktivitas dirumah namun lebih banyak lagi yang tetap beraktivitas seperti biasa. Lambat laun warga yang patuh tersebut bosan dan memilih keluar rumah. Rasa takut kalah dengan rasa bosan.

Pengertian Social Distancing

Istilah tersebut digunakan oleh pemerintah sebagai langkah pencegahan coronavirus. Kita semua sepertinya sudah tahu jika mencegah itu lebih baik dari mengobati. Jika kamu terkena Covid-19 dan berhasil sembuh, kemungkinan kesehatanmu tidak akan seperti sebelumnya.

covid-19

Hal tersebut disebabkan karena virus ini menyerang paru-paru yang kita tahu sebagai organ dalam yang sangat vital jika rusak. Jadi jika kamu sembuh pun, kamu tetap membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

Social distancing adalah pembatasan untuk bersosialisasi selama pandemi coronavirus. Jadi kamu harus membatasi aktivitas di luar rumah, pergi ke tempat ramai bahkan sampai ke kontak langsung dengan orang lain. Istilah populernya saat ini adalah Physical Distancing.

Ketika kamu berencana menerapkan kebijakan pemerintah tersebut, siapapun dianjurkan untuk menjaga jarak minimal satu meter, dilarang melakukan kontak fisik seperti bersalaman atau bergandengan tangan. Terutama dengan seseorang yang berpotensi terkena Covid-19.

Beberapa program lain yang harus kamu lakukan juga yakni bekerja dari rumah. Untuk sebagian orang yang bekerja menggunakan Komputer atau laptop mungkin bisa. Namun untuk pekerjaan lain seperti ojek online, pemilik warung, hal tersebut susah dan mereka tetap harus bekerja untuk melangsungkan kehidupan.

Program lain yakni belajar atau sekolah secara online di rumah. Proses belajar mengajar sulit untuk diterapkan dan mengalami berbagai masalah seperti koneksi yang tidak stabil, kualitas hardware yang kurang mendukung, miss komunikasi dan lain sebagainya.

Self Quarantine

Program self quarantine ini ditunjukkan kepada seseorang yang memiliki resiko tinggi terinfeksi coronavirus. Contohnya seseorang yang pernah kontak fisik dengan penderita Covid namun tidak menunjukkan gejala. Jika kamu merasa mengalaminya, sebaiknya lakukan self quarantine.

Ketika melakukan self quarantine, diharuskan mengurung diri sendiri selama 2 minggu atau 14 hari didalam kamar. Dalam pelaksanaannya, tidak diperbolehkan melakukan kontak fisik dengan siapapun, menerima tamu dan berbagi alat apapun dengan orang lain.

Self Isolation

Program self isolation diberlakukan kepada seseorang yang terbukti positif terkena Covid-19. Untuk membuktikannya bisa melihat dari gejala yang dialami atau melakukan test. Program ini adalah upaya alternatif ketika rumah sakit sudah tidak sanggup menampung pasien lagi.

Dalam penerapannya tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dengan arahan dokter ahli. Pasien yang sudah positif harus mengisolasi diri dan tidak diperkenankan keluar agar tidak menular ke orang lain. Jika ingin berinteraksi harus menggunakan masker dengan jarak minimal satu meter.

Barang-barang pribadi juga akan dipisahkan dengan barang milik orang lain. Seperti piring, sendok, sandal, baju dan lain sebagainya.

Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Untuk mengurangi penyebaran corona, pemerintah memberlakukan berbagai kebijakan seperti bekerja dari rumah. Namun hal tersebut kurang efektif karena tidak semua masyarakat bekerja mengandalkan komputer dan koneksi internet.

work from home

Untuk kamu yang kesehariannya sudah bekerja di depan laptop dan mengandalkan koneksi internet, sepertinya hanya perlu membiasakan diri untuk bekerja dari rumah atau di kost. Meskipun bosan dan keadaan terasa sepi, namun hanya ini yang bisa dilakukan.

Karena pandemic coronavirus ini, tidak hanya aktivitas yang terganggu tapi juga berbagai acara atau event besar yang ditunggu-tunggu dinyatakan batal dan beberapa diundur sampai waktu yang belum bisa dipastikan. 

Jika kamu salah satu yang merasakan kesal karena event yang sudah kamu rancang ternyata gagal. Jangan langsung kesal karena kamu tidak sendiri. Kamu bisa melakukan kroscek lagi dengan lebih mendalam tentang kurang lebihnya event atau pameran bisnis yang ditunda.

Tulis semua point-point yang dirasa kurang untuk diterapkan jika pandemi virus ini sudah berakhir. Kamu bisa melihat lagi desain stand pameran, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan memberikan keamanan juga kenyamanan atau belum.

Untuk sekedar bertanya atau melakukan konsultasi, kamu bisa bertanya kepada tim AbadiEvent terkait kurang lebihnya sebuah bentuk booth pameran. Misalnya apakah efektif menggunakan sofa atau bagaimana caranya agar produk kecil kecil yang di display tidak dicuri orang.

Baca: Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan Dalam Kondisi Kritis

Abadievent adalah kontraktor pameran yang sudah berpengalaman dalam bidang event. Segala kebutuhan untuk event ada disini. Seperti sewa stand pameran, sewa booth pameran, sewa tenda event, sewa tenda kerucut, sewa kursi, sewa backdrop dan masih banyak lagi.

Baca: Background Meriah Agar Event Lebih Hidup

Semoga pandemi coronavirus ini segera berakhir dan kehidupan bisa kembali normal seperti sediakala. Bisa bekerja di kantor lagi, bisa berkumpul bersama-sama lagi, mendapat pekerjaan yang layak, mendapat gaji dan fasilitas yang sesuai dan tepat waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *