ide bisnis saat idul fitri

Ide Bisnis Menjelang Lebaran Idul Fitri

AbadiEvent – Hari raya lebaran Idul Fitri tinggal sebentar lagi. Sudah pasti banyak pengeluaran untuk persiapan berbagai kebutuhan menyambut Idul Fitri ini. Karena pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, kita harus berpikir lebih keras lagi mencari ide bisnis agar tetap bertahan hidup.

Baca: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

Ide Bisnis

Keperluan menjelang hari raya idul fitri biasanya mulai dari kebutuhan dapur, aneka cemilan atau snack. Belum lagi kebutuhan untuk membeli baju baru yang lazim dilakukan masyarakat Indonesia. Sudah sulit ditambah adanya virus corona jadi semakin sulit saja rasanya.

Sebenarnya kita masih bisa berhemat meminimalisir pengeluaran selama Ramadhan dan untuk menyambut lebaran Idul Fitri. Selain itu kamu bisa juga membuka bisnis sendiri yang cukup menjanjikan. Dengan begitu kamu tetap akan mendapatkan pemasukan.

Berikut Ide Bisnis yang bisa kamu coba menjelang lebaran Idul Fitri:

Ide Bisnis Usaha Baju Muslim

Menjelang lebaran idul fitri peminat akan busana muslim dan baju otomatis akan meningkat. Hal ini tentu karena baju muslim merupakan pakaian untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Tidak hanya baju muslim, beberapa juga membeli baju lain yang tetap bisa digunakan bekerja.

lebaran idul fitri

Untuk mulai menjalankan ide bisnis ini, kamu tidak perlu membuka toko. Karena kamu bisa bisa menjualnya via online dan bisa melakukan promosi berbayar untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk varian produk kamu bisa mencoba baju muslim keluarga agar lebih menarik lagi.

Baca: Memulai Bisnis Online Omset Besar

Jual Peralatan Ibadah Menjelang Lebaran Idul Fitri

Menjual alat ibadah merupakan salah satu ide bisnis yang bisa kamu pakai saat menjelang hari raya idul fitri. Hari raya yang identik dengan serba baru ini juga cukup menggiurkan. Bisa dibilang sektor fashion akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

kontraktor pameran

Peralatan ibadah yang umumnya dijual seperti sajadah, sarung, baju koko, mukena, peci, tasbih dan lain sebagainya. Untuk lebih menarik minat konsumen kamu bisa menjualnya secara paketan satu keluarga. Sehingga lebih murah dan membuat keluarga terlihat kompak.

Baca: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

Jual Kue Kering dan Aneka Cemilan Ringan

Ide usaha selanjutnya yang bisa kamu coba saat mendekati hari raya idul fitri adalah bisnis kuliner. Saat bulan Ramadhan mulai mendekati bulan Syawal, permintaan kue kering dan cemilan ikut meningkat. Momen seperti ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin.

lebaran idul fitri

Kue-Kue seperti kue nastar, kue kastengel, kue putri salju, kue semprit dan lain sebagainya. Sebelum mulai menjualnya pastikan kue yang kamu jual enak. Lihat juga berapa lama kue tersebut sanggup bertahan agar tidak ada pelanggan yang merasa tertipu.

Baca: Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan Dalam Kondisi Kritis

Bisnis Parcel Lebaran

Satu lagi yang ikut laris manis menjelang idul fitri adalah bisnis parcel. Pemesanan parcel akan meningkat dan kamu bisa mengisinya dengan aneka kue kering, sembako, snack dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menghias parcel dengan aneka ornamen idul fitri.

Baca: Optimalkan Penjualan Online Agar Bisnis Tetap Bertahan

Jual Ketupat dan Sayurnya

Ide usaha menjual ketupat beserta lauknya juga bisa kamu pilih untuk menambah pemasukan. Pasalnya idul fitri sangat erat kaitannya dengan ketupat dan pasti memiliki peluang yang bagus. Umumnya mereka membeli ketupat karena tidak bisa membuatnya.

Dalam pembuatan ketupat memang cukup sulit dan memakan waktu yang lama. Terlebih jika belum pernah membuatnya pasti merasa kesulitan. Kamu bisa menjual baik yang sudah siap tinggal makan atau masih kosong, umumnya yang kosong lebih murah.

Jual Ayam dan Daging

Jika kamu juga belum mahir membuat ketupat, menjual ayam dan daging sebagai lauk bisa menjadi ide usaha yang menggiurkan. Jenis usaha ini memang terlihat sepele, namun mendekati idul fitri permintaan akan meningkat.

Agar produk ayam dan daging olahan yang kamu jual tidak terlalu mahal. Jalinlah kerjasama dengan peternak sapi atau peternak ayam. Karena umumnya harga daging akan melambung mendekati lebaran, jadi kamu sudah bersiap-siap terlebih dulu.

Baca: Sewa Booth Pameran, Sewa Stand Pameran, Sewa Backdrop

Buat Jasa Bersih-Bersih

Saat mendekati lebaran umumnya banyak orang mudik termasuk asisten rumah tangga. Hal tersebut pasti membuat pemilik rumah merasa repot. Disinilah jasa untuk bersih-bersih dibutuhkan untuk mengurus rumah agar tetap bersih.

Buka Usaha Penitipan Hewan Peliharaan

Saat orang-orang pada mudik, hewan peliharaan kadang tidak bisa dibawa dan harus dititipkan. Dikota-kota besar seperti Jakarta, pasti banyak pemilik kucing atau anjing yang mencari jasa penitipan hewan peliharaan. Namun kamu harus selalu hati-hati memperlakukan hewan-hewan tersebut.

Itulah beberapa usaha yang bisa kamu buka menjelang hari raya idul fitri. Pandemi virus corona saat ini memang banyak merubah kebiasaan saat puasa dan menjelang lebaran. Beberapa event juga banyak yang ditiadakan demi segera berakhirnya pandemi virus corona.

Baca: Strategi Pemasaran di Tengah Krisis, Kurangi Biaya Branding

Semuanya akan kembali normal ketika coronavirus sudah berakhir. Akan banyak lagi event yang kembali digelar. Untuk berbagai acara kamu bisa menghubungi kontraktor pameran AbadiEvent yang sudah berpengalaman dalam industri event.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *