kontraktor pameran covid 19

Cara Kendalikan Kecemasan Saat Pandemi Covid-19

AbadiEventJumlah informasi yang beredar tentang virus corona (COVID-19) dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda. Panik, stres, takut kehilangan orang yang dicintai, dan perubahan aktivitas adalah beberapa dampak wabah virus pernapasan yang mengancam ini.

Kendalikan Kecemasan Saat Pandemi Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona sebagai pandemi pada Rabu (2020/03/11). Hal ini membuat pemerintah dan masyarakat internasional semakin waspada terhadap penyebaran virus corona.

Meskipun penting untuk mencari informasi yang dapat dipercaya, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah untuk membentengi diri dari stres yang berlebihan dan panik wabah di korona tengah.

Dampak Psikologis Dari Covid-19

Mengikuti perkembangan virus corona penting bagi kewaspadaan. Tapi paparan konstan ini untuk informasi, apakah diandalkan atau tidak, juga bisa membuat seseorang lebih stres. Terlebih anjuran untuk menjaga jarak semakin menambah tingkat setres.

virus corona

Orang-orang yang sebelumnya memiliki gangguan mental yang paling kelompok rentan yang mungkin akan terpengaruh secara psikologis dari krisis ini. Begitu pula dengan anak-anak dan orang-orang yang jatuh langsung di lapangan untuk menghadapi virus corona, terutama dokter atau profesional kesehatan lainnya.

Fisik dan efek psikologis yang bisa terjadi antara lain rasa takut yang berlebihan dan khawatir tentang kesehatan diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai, perubahan dalam pola tidur dan kebiasaan makan, serta memburuknya masalah kesehatan yang ada.

Bagaimana mengontrol kecemasan di tengah-tengah wabah corona? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda serta orang-orang terdekat korona pandemi:

Cari Sumber yang Dapat Dipercaya

Dalam sehari, berapa banyak informasi yang beredar tentang corona dalam kelompok aplikasi pesan Anda?Meskipun berbagai informasi tersebut disebarkan oleh keluarga atau teman-teman, Anda harus lebih berhati-hati karena ada kemungkinan bahwa hoaks berita.

Alih-alih merasa tenang, Anda benar-benar dapat lebih panik dan cemas. Pastikan Anda selalu memantau perkembangan virus corona dari sumber yang benar-benar handal. Contoh situs WHO, Departemen Kesehatan, dan Peta Kesehatan.

Jaga Kesehatan yang Baik

Di tengah-tengah dari pandemi COVID-19 , salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih tenang adalah untuk menjaga kesehatan. Bila Anda tidak menjaga kebersihan pribadi cukup baik, Anda mungkin akan lebih takut terinfeksi.

Terapkan gaya hidup sehat dengan tips di bawah ini:

  • Makan makanan yang sehat dan seimbang.
  • Minum air yang cukup, minimal 2 liter untuk orang dewasa.
  • Tetap aktif dengan olahraga teratur.
  • Cukup tidur, setidaknya 7-9 jam untuk orang dewasa.
  • Berhenti merokok dan minum alkohol.
  • Cuci tangan Anda lebih sering, setidaknya 20 detik dengan air mengalir dan sabun.

Lakukan ini sebelum dan setelah makan atau mempersiapkan makanan, dan setelah bepergian, bersin, batuk, atau ke toilet. Doa dan meditasi juga mungkin bisa membantu dalam menenangkan serangan panik melepaskan dalam diri Anda.

Tetap Terhubung Dengan Orang yang Dicintai

Kebijakan isolasi telah diberlakukan di beberapa daerah untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini dapat membuat Anda lebih stres dan kesepian. Dengan mempertahankan hubungan dengan orang yang Anda sayangi, panik, takut, dan kelelahan yang mendera Anda pasti bisa jauh berkurang.

coronavirus

Panggilan atau make panggilan video dengan keluarga dan teman-teman, termasuk cara yang bagus yang dapat Anda lakukan untuk tetap terhubung dan menjaga kesehatan mental. Anda dapat berbicara dan berbagi lelucon, sehingga perasaan akan lebih damai.

Jika Anda berbagi informasi tentang virus corona kepada orang lain, pastikan bahwa info sebenarnya sah dan berasal dari sumber terpercaya.

Ambil Istirahat Dari Berita

Hal ini tidak sehat jika Anda terus-menerus membaca, mendengarkan, dan menonton berita. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk bersantai dan melakukan beberapa kegiatan yang Anda cintai. Misalnya, membaca buku, berkebun, mendengarkan musik atau podcast, gambar, dan banyak lagi.

Ketika mengobrol dengan keluarga dan teman-teman, pastikan bahwa Anda tidak benar-benar fokus untuk membahas wabah ini. Menghindari di semua berita benar-benar tidak harus melakukan. Cara terbaik adalah untuk membatasi sehingga Anda tidak mendapatkan terlalu stres.

Alihkan Perhatian Untuk Sementara Waktu

Waspada baik-baik saja, tapi jangan hanya fokus pada korona pandemi. Kadang-kadang, Anda juga perlu untuk mengalihkan perhatian dan rileks untuk beberapa waktu. Misalnya, Anda dapat bermain dengan hewan peliharaan, berjalan di sekitar rumah, merawat tanaman, dan banyak lagi.

Berpikir Positif

Ini suara klise kekuatan, tetapi menghadapi krisis dengan pikiran negatif tidak akan membuat Anda lebih tenang, kan? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pikiran positif. Mulai dari memberikan saran positif untuk diri sendiri, fokus pada hal-hal yang baik dan menyenangkan dalam hidup.

Baca: Sewa Booth Pameran, Sewa Stand Pameran, Sewa Backdrop

Dan berbagi cerita dan lelucon dengan orang yang dicintai dan orang-orang yang membuat Anda lebih semangat. Stres dan krisis emosional lainnya juga tidak boleh diremehkan. Jika kamu atau orang-orang terdekat mengalami gangguan kesehatan mental.

Baca: Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan Dalam Kondisi Kritis

Disarankan untuk menghubungi orang-orang yang bisa membantu dan berkompeten seperti psikolog. Pandemi Covid-19 membuat panik memprovokasi atau kecemasan, tidak diragukan lagi dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah-tengah krisis kesehatan global. Pengaruhnya tidak hanya baik untuk Anda secara pribadi, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *