Beberapa Sektor yang Merugi Karena Virus Corona

AbadiEvent Virus Corona atau Covid 19 saat ini mulai mengancam kehidupan manusia. Kabar munculnya virus ini sebenarnya sudah lama, namun muncul lagi di Wuhan China. Sampai saat ini virus tersebut sudah menyebar hampir ke seluruh dunia.

corona

Setiap kepala negara atau presiden mengambil sikap untuk menyelamatkan rakyatnya dengan berbagai cara dan kebijakan yang dilakukan. Dari membiasakan memakai masker, mencuci tangan sampai mengurangi aktivitas di luar rumah dan disarankan bekerja dari rumah saja.

Untuk beberapa pekerjaan mungkin bisa menerapkan bekerja dari rumah. Namun banyak pekerjaan yang harus dikerjakan diluar rumah. Dan jika tidak bekerja, tidak bisa menghidupi keluarga. Cukup dilematis, mati karena virus covid 19 atau mati karena kelaparan.

Hal itulah yang membuat beberapa masyarakat masih nekat untuk keluar rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, Putin selaku presiden Rusia melepaskan beberapa ekor singa dan macan agar warganya tidak berani keluar rumah.

Memang tidak bisa dipungkiri dengan bekerja dari rumah, produktivitas tidak akan maksimal. Beberapa sektor pekerjaan juga dikabarkan merugi karena virus covid 19 ini dan semoga keadaan bumi lekas membaik.

Berikut beberapa sektor pekerjaan yang merugi cukup banyak karena virus Corona:

Industri Perhotelan

Industri perhotelan di Indonesia sendiri sudah merasa khawatir sejak awal kemunculan virus Corona di Wuhan China. Pemerintah diharapkan memberikan pengawasan ketat untuk keluar masuknya wisatawan asing untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

virus coronavirus

Penyebaran virus yang cukup pesat membuat beberapa negara melarang melakukan penerbangan ataupun menerima wisatawan asing. Dengan begitu industri perhotelan akan otomatis sepi dan kehilangan konsumen.

Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan juga mengalami kerugian besar akibat Corona. Direktur PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku babak belur karena Covid 19. Ditambah dengan penutupan penerbangan untuk umrah semakin membuat industri penerbangan merugi.

covid-19

Tidak hanya di Indonesia saja. Hampir semua penerbangan di dunia terkena dampak covid-19. Meski penumpang turun drastis, maskapai tetap melayani penerbangan. Di Eropa, beberapa maskapai tetap melakukan penerbangan meski banyak kursi kosong.

Sektor Wisata

Beberapa tempat wisata sudah dinyatakan tutup untuk menekan penyebaran virus covid. Banyak rencana liburan yang ditunda atau bahkan di batalkan karena virus ini. Yang membuat biro perjalanan juga ikut merugi.

Jika dibiarkan terus, pendapatan devisa pada sektor pariwisata bisa dipastikan akan jatuh. Wisnu Wardhana selaku ekonom Bank Danamon mengatakan devisa pariwisata turun sekitar Rp11,6 Triliun. Padahal pemerintah menargetkan bisa naik mencapai 21 miliar USD.

Sektor Event Organizer

Himbauan dari pemerintah untuk saling menjaga jarak sampai wabah corona ini berhenti ternyata turut membuat event organizer atau EO seperti EO Jogja, kontraktor pameran mengalami kerugian. Seperti sektor pariwisata, banyak event yang di batalkan atau di cancel.

kontraktor pameran jogja

Padahal sebelumnya beberapa event sudah masuk dalam kalender. Persiapan sudah matang dan tinggal eksekusi. Namun karena virus tersebut banyak yang membatalkannya. Semoga wabah virus ini segera berakhir dan kehidupan bisa segera normal lagi.

Setelah wabah Covid-19 ini berakhir. Bisa dipastikan semua akan berjalan normal lagi. Maskapai penerbangan akan kembali beroperasi. Biro perjalanan akan mengantar wisatawan untuk liburan bersama, hotel akan kembali ramai lagi dan seterusnya.

Baca: Jenis Tenda Event yang Harus Kamu Ketahui

Setiap event yang ditunda akan mencari tanggal baru. Jika kamu memiliki event yang hendak diikuti seperti pameran bisnis. Kamu bisa menghubungi tim kontraktor pameran jogja yang melayani event di berbagai kota dan menyediakan segala kebutuhan event.

Baca: Manfaat Mengkuti Pameran Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

Seperti sewa stand pameran, sewa booth pameran, sewa tenda event, sewa backdrop dan lain sebagainya. Hubungi tim kami di 0812 2744 7888 untuk informasi lebih lanjut. Semoga event yang sudah direncanakan bisa segera direalisasikan dengan aman dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *