9 Cara Agar Stand Pameran Ramai Pengunjung

AbadiEvent – Berbicara soal pameran bisnis pasti semuanya menginginkan stand pameran ramai pengunjung. Biasanya dalam pameran terdapat banyak perusahaan yang ikut bergabung. Karena pameran menjadi media memperkenalkan produk atau brand.

kontraktor pameran Stand Pameran Ramai
Membuka Bazar di Mall

Mengikuti pameran dagang sudah pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu dibutuhkan cara efektif agar stand pameran ramai pengunjung. Dengan begitu pameran bisnis yang biasanya 3 sampai 5 hari bisa memberikan output maksimal.

Baca: Manfaat Mengkuti Pameran Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

Berikut cara yang bisa kamu lakukan agar stand pameran ramai pengunjung:

Lihat Lokasi Pameran, Strategis atau Tidak

Agar stand pameran ramai, langkah pertama yakni mengetahui dimana lokasi pameran diselenggarakan. Dengan begitu kamu akan mengetahui gedung yang digunakan, area, fasilitas yang didapat. Juga yang paling penting pengunjung yang akan datang.

Baca: 7 Tips Pemasaran Bisnis Dalam Pameran Dagang

Dengan begitu kamu akan tahu persiapan apa saja yang dibutuhkan. Terlebih jika pameran bisnis dilakukan di luar ruangan. Maka kamu harus bisa menyesuaikan stand pameran. Biasanya yang outdoor adalah pameran seni budaya, makanan, pameran kopi dan sebagainya.

Pilih Lokasi Strategis Agar Stand Pameran Ramai

Lokasi menentukan prestasi, hal ini juga terjadi dalam pameran. Titik-titik lokasi yang ramai biasanya berada di pintu keluar atau pintu masuk. Area lain yang strategis berada di tengah dan area sekitar panggung.

Namun bisa dipastikan area tersebut lebih mahal jika dibandingkan dengan area yang lain. Selain spot tersebut masih banyak spot strategis lainnya. Karena setiap pengunjung pasti akan berjalan terus mengelilingi setiap jalan yang ada.

Perhatikan Penyelenggara Pameran

Ketahuilah siapa yang mengadakan pameran bisnis tersebut. Dengan mengetahui siapa yang mengadakan, kamu bisa melihat track recordnya. Untuk lebih amannya, ikutilah pameran yang diadakan pihak penyelenggara yang sudah profesional.

Cara termudah mendapatkan informasi tersebut bisa dengan bertanya kepada sahabat yang sudah pernah ikut bersamanya. Atau dengan bertanya dengan sesama pebisnis yang sama. Tentang pameran yang berlangsung sukses atau tidak.

Memilih Tema Pameran yang Sesuai

Kamu juga harus bisa memilah-milah pameran mana saja yang sebaiknya kamu ikuti dan tidak. Ikutilah pameran yang sesuai dengan bisnismu atau masih berkaitan dengan bisnismu. Acara pameran bisnis biasanya memiliki tema-tema tersendiri.

Pameran bisnis dengan tema sendiri seperti pameran otomotif, pameran festival wedding, pameran seni, pameran wisata, pameran buku, pameran IT dan seterusnya. Sedangkan pameran dengan tema umum seperti Pekan Raya Jakarta, Pekan Raya Indonesia dan sebagainya.

Memilih Tema Stand Pameran Sesuai Bisnis

Membahas pameran bisnis dan stand pameran pasti semuanya memiliki tema dan konsep yang berbeda-beda. Dengan menerapkan tema bisnis sesuai filosofi perusahaan bisa membuat stand pameran ramai. Hal tersebut karena kesesuaian antara stand pameran dengan produk.

Baca: Kontraktor Stand Pameran, Sewa Stand Pameran

Misalnya jika perusahaan menjual peralatan untuk mendaki gunung. Tema stand pameran yang bisa dipilih seperti suasana alam. Hal tersebut juga bisa diterapkan untuk berbagai produk seperti produk game, produk gadget, produk interior dan lain sebagainya.

Kenali Pengunjung yang Akan Hadir

Jika kamu sudah memiliki informasi tentang lokasi, tema dan segala hal yang berkaitan dengan pameran. Secara tidak langsung kamu akan mengetahui siapa dan bagaimana kira-kira pengunjung yang akan datang dalam pameran nanti.

Baca: Sewa Booth Pameran, Sewa Stand Pameran, Sewa Backdrop

Sebaiknya kamu memilih untuk mengikuti pameran dengan pengunjung yang sesuai dengan bisnismu. Menawarkan kepada yang bukan target pasar akan kurang efektif dan bisa jadi gagal. Misalnya produk mu untuk menengah atas tapi segmentasi pameran untuk menengah bawah.

Sewa Booth Pameran

Sewa booth pameran merupakan solusi yang tepat untuk memangkas pengeluaran dibanding membeli. Dengan sewa stand pameran kamu tidak akan dipusingkan dengan penyimpanannya. Kamu juga bisa berganti-ganti desain saat mengikuti pameran lagi kedepannya.

Desain booth mu sesuai dengan produk dan brand yang ingin kamu bangun di kontraktor pameran Abadi Event. Gunakan berbagai aksesoris untuk membuatnya semenarik dan semewah mungkin. Seperti menambah sewa backdrop ornamen-ornamen, tata cahaya, aksesoris interior dan lain sebagainya.

Display Produk 

Saat kamu hendak mendisplay produk sebaiknya tetap menonjolkan produk produk terbaru atau produk utama. Usahakan produk tersebut bisa terlihat jelas. Jika produk yang kamu tawarkan berupa gadget. Buat desain agar pengunjung mudah untuk mencobanya.

Baca: Sewa Backdrop Dan Tenda Event Jogja

Dengan trik seperti itu, pengunjung akan mudah melihat dan tertarik untuk mencoba produk mu. Ketika pengunjung mulai tertarik dan mencoba produk mu. Maka giliran staf atau SPG bisa mulai menjelaskan detail produk lebih jelasnya.

Lakukan Promosi Produk

Persiapkan segalanya tentang produk dan promo yang akan diberikan untuk pengunjung selama pameran berlangsung juga untuk penjualan online. Bisa seperti diskon, kupon, hadiah undian, voucher, cashback dan lain sebagainya. Buatlah pengunjung merasa tertarik dan mendapatkan produk lebih.

Baca: Sewa Backdrop Dan Dekorasi Panggung

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar stand pameran ramai pengunjung. Ketika  pengunjung sudah ramai, maka hal yang harus dipikirkan lagi adalah kesiapan staf. Jangan sampai desain sewa stand pameran yang dipesan membuat mobilitas kurang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *