sewa booth pameran

5 Tahapan Menyikapi Hidup Normal Sesuai Anjuran Pemerintah

AbadiEvent – Menteri perekonomian menganjurkan untuk hidup normal untuk pemulihan ekonomi karena pandemi Covid-19. Skenario new normal ini dibuat awal Juni 2020. Skenario ini dibuat ekonom senior Raden Pardede.

Menyikapi Hidup Normal

Proposal tersebut sudah dipresentasikan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan conference berjudul Roadmap Ekonomi Kesehatan Keluar Covid-19. Dalam skenarionya tersebut, New Normal akan dibagi dalam lima fase.

Kelima fase tersebut dimulai dari tanggal 1, tanggal 8, tanggal 15 juni, tanggal 6 Juli, tanggal 20 dan terakhir tanggal 27 Juli. Setiap fase tersebut akan disertai dengan membuka sektor-sektor industri, bisnis, pasar, toko, mall, kebudayaan, pendidikan, aktivitas diluar rumah, dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan bertahap.

Tujuan dari skenario tersebut untuk mengupayakan supaya di akhir Juli atau setidaknya Agustus seluruh kegiatan ekonomi bisa beroperasi lagi. Kedepannya tetap akan diadakan evaluasi secara berkala hingga benar-benar aman.

Siapkah Kamu Dengan Skenario Hidup Normal Ini

Menanggapi skenario New Normal tersebut. Dosen dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Dr Panji Fortuna Hadisoemarto MPH memberikan tanggapannya. Menurutnya, timeline dalam realisasi ini harus kalender epidemiologi dan bukan tanggal seperti itu.

hidup normal dengan masker

Menurutnya Pak Raden Pardede sudah salah besar jika membuat timeline seperti itu. Dikutip dari Kompas.com (02/06/20). Penggunaan kalender epidemiologi dirasa lebih tepat dan bisa melihat dampak dari setiap sektor yang mulai dibuka satu persatu.

Kalender epidemiologi adalah kalender yang disesuaikan dengan kondisi virus juga kondisi masyarakat. Karena dalam menghadapi pandemi dan pembuatan skenario ini juga membutuhkan data yang cukup.

Anthony Fauci, seorang ahli penyakit menular mengatakan jika bukan Anda yang membuat timeline, tapi virus yang membuat timeline. Anthony menambahkan bahwa seharusnya merespon apa yang sedang terjadi oleh virus Corona.

Pernyataan Anthony tersebut adalah merespon dari pernyataan Donald Trump terkait upaya untuk membuka bisnis di Negaranya. Negara tetap tidak bisa membuat keputusan sewenang-wenang sampai melihat apa yang dihadapi dan pastinya membutuhkan data.

Kapan Mulai Hidup Normal Lagi

Kehidupan bisa mulai normal lagi ketika kasus corona semakin sedikit, teridentifikasi dan diisolasi. Ketika itu semua sudah dilaksanakan, maka hidup normal seperti biasa sudah bisa dilakukan lagi.

Hal tersebut juga berkaitan dengan herd Immunity atau konsep kekebalan tubuh dari penyakit. Tujuan dari herd immunity adalah untuk menciptakan kekebalan tubuh kepada sekelompok populasi, bukan seseorang atau individu saja.

Herd Immunity biasanya dilakukan dengan bantuan vaksin atau imunisasi. Selama belum dilakukan herd immunity, kemungkinan untuk terjadinya outbreak gelombang kedua masih mungkin terjadi.

Bisa dibilang selama belum dilakukan Herd Immunity, maka kembali hidup normal dengan skenario awal Juni bisa memperparah keadaan. Selain itu kemungkinan kurva epidemi akan meningkat lagi.

Keberlangsungan Hidup Pekerja Event

Asperapi atau Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia meminta agar pemerintah segera membuka lagi ijin keramaian. Namun dengan kaidah-kaidah yang wajib dipatuhi selama event. Hal tersebut untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Izin untuk event belum keluar dan otomatis event tidak ada yang bisa dilaksanakan. Namun yang disayangkan, izin tersebut tidak disertai kategorisasi yang detail. Sekedar dilihat event secara umum.

Padahal event memiliki karakteristik beragam dan tidak bisa serta-merta di generalisir. Ada event dengan risiko tinggi, namun ada juga yang memiliki risiko rendah. Orang-orang yang bekerja dari event berharap bisa segera diberikan izin meski dengan aturan-aturan.

Aturan aturan tersebut bisa seperti selalu menyediakan handsanitizer, dilakukan pengecekan suhu untuk setiap peserta atau pengunjung juga menyediakan masker. Mendata setiap pengunjung juga akan dilakukan agar lebih mudah untuk melacaknya.

Event Pameran Bisnis 

Event dengan pengunjung diatas 5000 orang mendapatkan kategori high risk. Hal tersebut juga dilema karena banyak pameran besar dengan pengunjung diatas 5000 orang perharinya. Konser musik juga masuk dalam golongan high risk.

sewa booth pameran

Pasalnya penonton akan sangat padat dan saling berhimpitan. Menerapkan social distancing dirasa akan sulit diterapkan. Namun solusinya yakni menyediakan kursi dan jika penonton ingin berdiri, dipersilahkan berdiri ditempat.

Untuk pameran bisnis atau pameran apapun dengan pengunjung yang lebih sedikit. Penerapan tersebut bisa direalisasikan, tentunya dengan izin dari pihak terkait. Alternatif tersebut bisa dipakai saat hidup normal mulai diterapkan lagi dalam waktu dekat.

Jika keadaan mengharuskan seperti itu, maka kita juga harus bersikap demikian untuk mempertahankan hidup. Untuk pemilik usaha atau bisnis yang ingin segera bisa melaksanakan pameran semoga dengan anjuran hidup normal ini bisa segera tercapai.

Baca: Sewa Booth Pameran, Sewa Stand Pameran, Sewa Backdrop

Untuk mengikuti pameran bisnis, tentunya pasti membutuhkan kontraktor pameran yang menyediakan sewa booth pameran. Untuk menyambut hidup normal dan event yang akan segera diadakan, kamu bisa mulai mempersiapkan diri dari dengan sewa stand pameran.

Baca: Ide Bisnis yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pandemi Corona

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi tim AbadiEvent dengan mengklik tombol di bawah ini. Mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin terjadi adalah upaya yang cukup bagus. Terlebih dalam kondisi seperti ini, siapa yang akan membantu kalau tidak berusaha mandiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *